6 Kabupaten di Sumsel Rawan Longsor

oleh -

WartaPenaNews, Sumsel –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan menyatakan sedikitnya ada enam wilayah kabupaten/kota rawan longsor dan masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaannya.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan sebanyak enam wilayah itu merupakan hasil dari pemetaan anggotanya di seluruh wilayah Sumsel. Di antaranya adalah Kabupaten Lahat, Empatlawang, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, dan Lubuklinggau.

“Dari 17 kabupaten dan kota, enam daerah yang dipetakan rawan bencana tanah longsor,” ujarnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terutama saat wilayahnya diguyur hujan deras. Ini untuk meminimalisir timbulnya korban jiwa serta kerugian harta benda saat terjadinya bencana.

BACA JUGA:   Gebyar Vaksin yang Digelar di Enrekang Diserbu Warga

Pihaknya juga akan menyiagakan sejumlah alat berat di titik rawan bencana untuk mengantisipasi bencana serta transportasi umum untuk masyarakat jika terjadi longsor. Pasalnya, longsor yang terjadi di beberapa wilayah mengakibatkan akses jalan terputus karena tertutup material longsor.

Jika tidak ada alat berat, dikhawatirkan akses warga semakin lama terisolasi. Petugas pun akan kesulitan dalam mendistribusikan bantuan serta logistik untuk masyarakat korban bencana.

“Menyiapkan alat berat di daerah rawan longsor sangat penting untuk mencegah terganggunya jalan akses ke suatu desa, kecamatan, bahkan antarkabupaten dan provinsi,” pungkasnya.(mus)

BACA JUGA:   9 Orang Ditetapkan sebagai Tersangka Terkait Kerusuhan Pilkades di Dairi Sumut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.