Hindari Chicken Skin, Rawat Kulit Ketiak dengan Cara Berikut

oleh -
dr. Nessya, Dokter spesialis kulit berbagi tips perawatan kulit ketiak. Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp. DV, Dokter spesialis kulit menyampaikan pentingnya wanita merawat kesehatan kulit ketiak pada peluncuran NIVEA Brightening Range 8 Superfood, di Jakarta, Kamis, 20/1/2022.

“Kulit ketiak memiliki ketebalan lapisan kulit, jumlah kelenjar keringat, folikel rambut yang berbeda.

Kulit ketiak merupakan area lipatan, tertutup dan sering bergesekan. Rentan iritasi, berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri, jamur, organisme tertentu yang dapat menyebabkan permasalahan kulit, “katanya.

“Karenanya, penting untuk merawat kulit ketiak dengan ritual perawatan paripurna. Juga memperhatikan aspek penting lain seperti menjaga berat badan ideal.

Berat badan berlebih akan membuat kulit ketiak bergesekan. Juga faktor penyakit seperti diabetes yang dapat membuat kulit menghitam dan menebal. Lakukan konsultasi ke dokter sebelum melakukan perawatan, “kata dr. Nessya.

Untuk kondisi tubuh normal dapat melakukan perawatan kulit ketiak dengan tahapan mudah berikut :

1. Mandi teratur dua kali sehari. Gunakan air dingin, bukan air hangat. Air hangat dapat menghilangkan lapisan lemak pada kulit ketiak.
Jangan menggosok kulit ketiak terlalu kencang dengan sabun antiseptik.

2. Gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Jika terkena keringat, ganti dengan yang bersih.

3. Jaga keseimbangan pola makan, penting mengasup makanan bergizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu bau seperti bawang, cafein, sayuran, jenis ikan tertentu.

4. Hindari kebiasaan mencukur, mencabut maupun waxing pada bulu ketiak. Namun dr Nessya membolehkan jika bercukur menggunakan cukuran elektrik karena tekanan pada kulit tidak terlalu kuat seperti pada pencukur biasa.

Sebelum bercukur gunakan foam atau lotion.
Gunakan pencukur elektrik yang tajam. Ketika digunakan tidak ditekan terlalu kuat, agar lapisan lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit tidak hilang.

Permasalahan serius akan muncul ketika bercukur, mencabut atau waxing berupa chicken skin. Kondisi kulit ketiak yang berbintil-bintil menyerupai kulit ayam. Selain bintil, kulit memerah atau cokelat dengan permukaan kering dan kasar. Jika muncul chicken skin, lakukan tahapan perawatan seperti poin-poin di sini.

5. Gunakan skin care untuk ketiak. Atau feeling yang diekstrak dari bahan alami untuk mengurangi permukaan kulit ketiak yang hitam dan menebal.

5. Gunakan deodorant yang tidak mengandung alkohol maupun pengawet. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.