Kiat Putri Indonesia Nadine Alexandra Peduli Lingkungan untuk Bumi yang Bersih dan Sehat

oleh -
Nadine Alexandra, hadirkan sejumlah kiat mudah untuk peduli sampah Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – Manajemen pengelolaan sampah rumah tangga masih jauh dari target capaian.

Banyaknya tumpukan sampah rumah tangga di TPA (tempat pembuangan akhir), sampah yang menumpuk dan belum terangkut, sebagian nyata telah mencemari lingkungan. Wilayah daratan, pegunungan, pantai, laut, sungai dan kali menjadi saksi bisu hadirnya permasalahan sampah yang kian masif.

Tak berkecil hati, serta menyerah, Nadine Alexandra, Putri Indonesia 2021 dan Aktivis Lingkungan memulai langkah kecil dengan melakukan sejumlah perubahan pada diri dan keluarga besarnya.

Ia berbagi kiat bijak mengelola sampah rumah tangga pada peresmian program Otsuka Ecovillage di Kecamatan Cicurug – Sukabumi.

“Langkah awal, saya mulai melakukan perubahan terhadap diri saya sendiri dan keluarga. Sempat dipertanyakan oleh ibu saya, bahkan tak jarang suaminya mengeluh sehubungan dengan banyaknya plastik, styrofoam yang dikumpulkannya, sebelum disetorkan ke bank sampah.”

BACA JUGA:   Pemerintah Diminta Hentikan Pelaksanaan UU Cipta Kerja

Pengalaman berkesan, ketika ia melihat seorang anak kecil membuang begitu saja botol bekas minumannya. Reflek dipungutnya botol, lalu didatangi ibu dan anak tersebut. Ia memberikan penjelasan tentang cara- cara memperlakukan sampah agar tidak mengotori lingkungan.

Bekas besek bambu di up-grade menjadi wadah multifungsi oleh pengrajin Rembulan Perak. Foto: Istimewa

“Awalnya si ibu kaget dengan kehadiran saya, namun kemudian dapat memahami dan mengerti bahwa tindakan membuang sampah sembarangan itu keliru.

Intinya, sebelum membuang kemasan makanan dan minuman, pikirkan dampak yang akan ditimbulkan. Jika harus dibuang, usahakan di tong sampah yang sesuai dengan peruntukkan jenis sampahnya, “kata Nadine yang pernah mengantungi kembali sampah botol miliknya karena tidak menemukan tempat sampah.

Untuk kaum ibu, milenial, serta masyarakat Indonesia, Nadine berpesan untuk melakukan beragam cara berikut terhadap pengelolaan sampah, khususnya sampah rumah tangga.

BACA JUGA:   Ini Kata Polisi, Pemuda Pancasila Bakal Demo Lagi

1. Diet plastik dan kemasan sekali pakai. Kurangi sebanyak mungkin penggunaan kantung belanja plastik, kemasan makanan jajanan. Caranya, bawa sendiri kantung belanja ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang kali. Atau berbelanja di toko curah.

2. Jika lupa, usahakan untuk konsisten menolak pemberian kantung plastik. Batalkan belanja, atau beli barang yang sangat dibutuhkan. Bawalah dengan tangan, untuk kemudian disimpan dalam mobil atau jok motor.

3. Ketika ke luar rumah, bawalah selalu kantung belanja dan wadah makanan. Walau tidak ada rencana berbelanja atau jajan, cara ini sebagai antisipasi jika keinginan berbelanja atau jajan muncul tiba-tiba.

4. Jika menerima kiriman makanan menggunakan box plastik sekali pakai, cuci bersih. Kemudian tempatkan terpisah untuk selanjutnya dibawa ke bank sampah terdekat.

BACA JUGA:   7 Mobil Beratribut PP Diamankan Dalam Aksi Demo Ricuh

5. Lakukan cara yang sama terhadap kemasan plastik snack untuk semua ukuran, kemasan minyak goreng, sabun mandi dan sabun cuci, serta kemasan berbahan plastik lainnya.

6. Mengeringkan plastik memang tidak mudah. Tidak cukup dijemur, tetapi harus dilap satu persatu. Lakukan saja dengan hati riang agar pekerjaan anda terasa menyenangkan.

7. Kurangi limbah makanan dengan menerapkan pola konsumsi secukupnya.

Kurangi mengonsumsi daging untuk alam dan bumi yang lebih baik. Foto : Istimewa.

8. Kurangi mengonsumsi daging, perbanyak makan sayur. Konsumsi daging berlebih selain tidak sehat, juga dapat meningkatkan gas buang yang berdampak terjadinya pemanasan global. Selain itu, kebutuhan akan lahan ternak dan air akan meningkat, padahal keduanya merupakan jenis sumber daya yang tidak terbarukan. Ini akan memperburuk kondisi iklim dan lingkungan. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.